Corporate Social Responsibility PT. Samsung Electronics Indonesia
Apa itu CSR? CSR adalah suatu tindakan atau konsep
yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap
sosial atau lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. Sedangkan definisi
CSR menurut World Business Council on Sustainable Development adalah
komitmen dari bisnis/perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi
terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas
hidup karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas. Wacana
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) yang
kini menjadi isu sentral yang semakin populer dan bahkan ditempatkan pada
posisi yang penting, karena itu kian banyak pula kalangan dunia usaha dan
pihak-pihak terkait mulai merespon wacana ini, tidak sekedar mengikuti tren
tanpa memahami esensi dan manfaatnya.
MANFAAT BAGI MASYARAKAT
CSR akan lebih berdampak positif bagi masyarakat, ini akan sangat tergantung dari orientasi dan
kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah. Studi Bank Dunia
(Howard Fox, 2002) menunjukkan, peran pemerintah yang terkait dengan CSR
meliputi pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber
daya, dukungan politik bagi pelaku CSR, menciptakan insentif dan peningkatan kemampuan
organisasi. Untuk Indonesia, bisa dibayangkan, pelaksanaan CSR membutuhkan
dukungan pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban sosial.
Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa harus melakukan regulasi di
tengah situasi hukum dan politik saat ini. Di tengah persoalan kemiskinan dan
keterbelakangan yang dialami Indonesia, pemerintah harus berperan sebagai
koordinator penanganan krisis melalui CSR (Corporate Social Responsibilty).
Pemerintah bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus, dengan
masukan pihak yang kompeten. Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung,
dan memberi penghargaan pada kalangan bisnis yang mau terlibat dalam upaya
besar ini. Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku bisnis
dan kelompok-kelompok lain agar terjadi proses interaksi yang lebih adil dan
menghindarkan proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap yang lain.
Intinya manfaat
CSR bagi masyarakat yaitu dapat mengembangkan diri dan usahanya sehingga sasaran untuk mencapai
kesejahteraan tercapai.
MANFAAT BAGI PERUSAHAAN
1.
Meningkatkan
Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih
mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik
bagi masyarakat.
2. Memperkuat
“Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge
kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan
kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat
meningkatkan posisi brand perusahaan.
3. Mengembangkan Kerja Sama
dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
4. Membedakan
Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan,
perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga
dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
5. Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk
Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
TANGGAPAN MENGENAI CSR
Penerapan
program CSR merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola
perusahaan yang baik (Good Coporate Governance). Diperlukan tata kelola
perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) agar perilaku pelaku bisnis
mempunyai arahan yang bisa dirujuk dengan mengatur hubungan seluruh kepentingan
pemangku kepentingan (stakeholders) yang dapat dipenuhi secara proporsional,
mencegah kesalahan-kesalahan signifikan dalam strategi korporasi dan memastikan
kesalahan-kesalahan yang terjadi dapat diperbaiki dengan segera.
Dengan pemahaman tersebut, maka pada dasarnya CSR memiliki fungsi atau peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security).
Dengan pemahaman tersebut, maka pada dasarnya CSR memiliki fungsi atau peran strategis bagi perusahaan, yaitu sebagai bagian dari manajemen risiko khususnya dalam membentuk katup pengaman sosial (social security).
Kritik terhadap Tanggung jawab sosial perusahaan
Dari beberapa fakta diatas kritik saya sebagai warga negara terhadap penerapan tanggung jawab sosial perusahaan adalah:
1. Perspektif tanggung jawab sosial perusahaan sering dijadikan atribut bagi perusahan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan caranya mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh masyarakat, asosiasi, dan pemerintah. Seperti perusahaan tambang, perusahan kayu, perusahaan pengelola hasil bumi, dan sejenisnya. Dampak yang ditimbulkan perusahan tidak seimbang dengan usaha untuk merehabilitasi alam.
2. Untuk bisnis tertentu, tanggung jawab sosial perusahaan dapat dijadikan perisai sebagai penetralisir dampak dari bisnis yang dijalankan sekalipun bertentangan, misalkan perusahaan rokok sebagai sponsor event olah raga. Sekalipun masyarakat mengetahui bahayanya rokok di lain pihak masyarakat membutuhkan olahraga.
3. Ada kalanya tanggung jawab sosial perusahaan dapat menjadi bumerang bagi perusahaan itu sendiri walaupun sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Misalkan yang terjadi pada perusahaan fast food Mc Donal, pada awalnya tanggung jawab sosial perusahaan disosialisasikan secara menyeluruh kepada dunia mengenai keterlibatan Mc Donal dalam memperhatikan anak-anak, pendidikan dan kehidupan sosial di masyarakat. Tetapi Mc Donal justru menuai demo dari para pencinta binatang karena dianggap pembunuh ayam yang kejam, iklan yang menyesatkan, dan praktek bisnis yang tidak sehat.
4. Bagi perusahaan investor dari negara maju, adanya regulasi mengenai tanggung jawab sosial perusahaan yang ketat dapat menjadi alternative untuk berpindah ke negara yang memiliki regulasi tanggung jawab sosialnya lebih longgar. Dilema ini yang dihadapi oleh negara miskin dan berkembang, jika terlalu ketat maka otomatis investor akan mengurungkan niatnya berinvestasi tetapi sebaliknya jika terlalu longgar akan merugikan rakyat dan lingkungan alam.
Corporate Social Responsibility PT. Samsung Electronics Indonesia
Sebagai perusahaan global di dunia, Samsung
menilai bahwa kesuksesan sebuah perusahaan tidak hanya diukur oleh prestasi
bisnisnya namun juga oleh sebaik apa perusahaan itu melayani masyarakat,
melindungi sumber daya planet kita, dan memberikan perubahan dalam kehidupan
banyak orang. Dalam memenuhi tanggung jawabnya, PT. Samsung Electronics
Indonesia melakukan beberapa upaya dalam menjalankan program Corporate Social
Responsibility perusahaan mereka. Dengan tema globalnya yakni “Inovasi untuk
Mendukung Pembangunan Manusia”, beberapa anak perusahaan Samsung turut berpartisipasi
dalam program yang diadakan oleh Samsung yaitu “Samsung Hope for Children”.
Program tersebut diluncurkan secara global dengan
tujuan untuk menarik perhatian seluruh dunia terhadap kebutuhan pendidikan dan
kesehatan untuk anak. Program ini memberikan dukungan untuk anak-anak, dengan
menyediakan produk, pengetahuan dan layanan relawan karyawan perusahaan
Samsung. Untuk di Indonesia sendiri, program Samsung Hope for Children ini
direalisasikan dengan mengadakan program “Rumah Belajar” di Desa Karangsari,
Klender, Bekasi yang bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB).
Program Rumah Belajar tersebut didirikan karen
a
Samsung memandang bahwa anak merupakan masa depan suatu bangsa. Untuk itulah,
pendidikan sejak dini memegang peranan penting bagi perkembangan kualitas
manusia. Program Rumah Belajar tersebut membidik siswa sekolah menengah atas
yang berasal dari keluarga prasejahtera. Mereka akan diajarkan keterampilan
teknik, seperti memperbaiki dan merakit telepon genggam Samsung selama satu
tahun masa pendidikan. Dengan begitu, mereka akan memiliki keterampilan agar
bisa terjun ke dunia kerja. Disamping itu, Samsung siap menyerap siswa lulusan
Rumah Belajar tersebut.
Melihat program yang diadakan oleh PT. Samsung
Electronics Indonesia ini, saya menilai bahwa program tersebut sangat berguna
dan turut membantu dunia pendidikan Indonesia. Terlebih siswa-siwa di Rumah
Belajar ini merupakan anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu. Dengan
pelatihan dan bimbingan yang dilakukan oleh Samsung, maka anak-anak tersebut
diharapkan bisa memiliki keterampilan yang cukup untuk terjun di dunia
kerja.