STRATEGI PEMASARAN JCO 4P
J.CO dimiliki oleh Johnny Andrean, seorang
pemilik jaringan BreadTalk di Indonesia. J.CO diilhami dari donat USA. Johnny
yang sering melakukan perjalanan bisnis ke USA, mendapatkan kesempatan
menikmati berbagai jenis donat dengan rasa dan keunikan yang berbeda. Pada
mulanya, ia ingin membeli waralaba suatu jaringan pemasaran donat USA, tetapi
ia mendapatkan beberapa keterbatasan pada produknya. Keterbatasan itu ada pada
bahan baku dan kelemahan dalam pengendalian kualitas.
Jadi, dengan demikian Johnny memutuskan untuk
mengembangkan produksi donatnya sendiri tanpa harus membeli francise donat
dari USA. Ia memilih untuk menghasilkan bentuk dan rasa donat yang sempurna
sebagaimana yang pernah ia coba di USA, dengan memfokuskan secara khusus pada
mutu bahan baku dan proses produksi.
Sekembali ke Indonesia, ia kemudian mengembangkan
sebuah gerai toko donat dengan konsep, bentuk dan rasa yang mirip dengan gerai
donat USA. Johnny sejauh ini telah mengamati bahwa tidak ada satu pun gerai
donat di Indonesia yang mempunyai konsep dapur terbuka, karenanya ia memulainya
di J.CO. Maka, selain mempunyai rasa yang berbeda, konsep toko juga dibuat
sebagai dapur terbuka sehingga konsumen-konsumen dapat melihat berbagai atraksi
dalam pembuatan donat, dari mencampurkan bahan-bahan sampai menjadi donat siap
dijual.
Donat J.Co dibuat menggunakan mesin-mesin, baik
saat mencampurkan bahan-bahan, memasak dan membuat topping donat.
Satu-satunya tenaga manusia yang dilibatkan hanya pada saat pencetakan donat.
Yang juga menggunakan alat bantu cetakan.
Semua mesin yang digunakan sepenuhnya diimpor
dari USA. Begitu juga dengan bahan-bahan dasar, lebih dari 50% diimpor dari
luar negeri. Seperti cokelat yang diimpor dari Belgia dan susu dari Selandia
Baru. Juga, untuk minuman, bahan-bahannya kebanyakan diimpor pula.
Sebagian kopi bubuk diimpor dari Italia dan Costa Rica. Berdasarkan semua
inilah, J.CO diposisikan sebagai produk bermutu premium di pasaran donat
Indonesia.
Sebagian pihak mungkin berpendapat bahwa logo
J.CO memiliki kemiripan dengan logo Starbucks, tetapi jika diperhatikan dengan
teliti, itu berbeda. Bentuk bulatnya boleh jadi sama, tapi itu bukanlah
sebuah trademark.
J.CO Donuts & Coffee menggunakan simbol
burung merak pada logo mereka. Merak ini menyimbolkan keindahan, kerapian,
kelembutan dan keabadian, keindahan dan kehalusan dicerminkan dari rasa dan
bentuk donat. Sementara keabadian dapat dilihat dari kesetiaan konsumen yang
bersedia berdiri mengantri panjang di gerai-gerai hanya untuk mendapatkan donat
J.CO favorit mereka.
Masing-masing donat dinamai secara kreatif
berdasarkan topping dan rasa. Hal ini menciptakan suatu
keunikan dan mudah untuk diingat, sebagai contoh, Chees Me Up adalah nama untuk
donat dengan keju leleh di lapisan atas. Tira Miss U adalah nama untuk donat
dengan topping tiramisu.
Johnny membutuhkan tiga tahun sebelum meluncurkan
J.CO Donuts & Coffee ke pasar Indonesia. Tiga tahun digunakannya untuk
mempersiapkan standar dan prosedur produksi, pemilihan bahan baku, memperbaiki
mutu dan proses produksi produk, serta operasional bisnis.
4P, Product, Price, Place, dan Promotion. Product
adalah produk atau barang yang dijual pada store tersebut. Price adalah harga dari
barang yang dijual. Place adalah tempat dimana store tersebut secara fisik
berada. Dan Promotion adalah cara pemasaran produk yang dilakukan oleh store tersebut.Dengan
adanya 4P ini dkembangkan secara maksimal sehingga sangat menguntungkan bagi
pemilikstore jco.
Product & Price
Produk yang
dikeluarkan oleh jco sangat banyak dimulai dari minuman coffee,yoguart, soft drink
serta donatnya nya yang memiliki banyak tooping dan sangat menarik minat
konsumen untuk dicoba selain itu harga yang titawarkan cukup terjangkau dimulai
dari 7000-50.000.
Place
Tempat
yang memiliki fasilitas yang banyak dan nyaman membuat konsumennya betah untuk
berlama-lama stay di jco dan disediakan wifi dengan dekorasi tempat warna yang
bagus sehingga bagus untuk selfie khususnya bagi konsumen anak remaja.
Promotion
Website
yang dimiliki jco juga sebagai bagian promotionnya kita bisa liat menu dan list
harga dari product jco serta picture yang menarik dan jco mempunyai banyak
cabang di mall Indonesia .